MUTHIATHEEXPLORER

Part Time Traveler, Full Time Planner
Follow Me

Day 6: Hongkong - Macau - Shenzhen: Transit di Singapore (150818)

By  Muthia Prima     October 02, 2016    Labels:,,,,

Kita hanya numpang transit di Changi karena Flight ke Jakarta baru keesokan harinya. Berhubung kita transit, jadi mikirnya sama kayak Air Asia yang Fly Thru, ga usah keluar imigrasi. Kita memang ga dikasih dua boarding pass saat check in di HKIA. Kata Mbanya bisa diminta di gate E Transit Lounge pas nyampe Changi. Kita pun mengikuti saran Mbanya. Namun, sayang sekali entah kenapa kita disuruh keluar imigrasi dulu dan Check In lagi. Bagi yang bawa bagasi jadi ambil bagasi dulu. Gue ga sengaja ketemu temen kampus di sini. Ternyata kita satu flight dari Hong Kong. Dia dan temen-temenya kebetulan ada checked bagage, jadinya terpaksa harus ngambil bagasi dulu. Kalo gue berdua mah bagasi cabin doang.

Gue berlima (bareng temen kampus gue dan temennya), jalan menuju imigrasi. Lewat imigrasi berarti kita juga harus isi Arrival Card. Di bagian alamat, tulis aja transit.

As always, petugas imigrasi Singapore selalu jutek. Dia marah ke kita berlima gegara kenapa baru keluar soalnya imigrasinya udah tutup. Ya kita mana tau kalo harus keluar imigrasi, kan katanya tinggal ambil boarding pass. Setelah dijelasin, barulah petugas imigrasinya mau memproses kita berlima. Abis itu gue berdua Mpok menuju food court, sedangkan temen gue dan temen-temennya ngurus bagasi. Akhirnya gue tau kenapa flight kita ga interconnect. Soalnya kita ga beli Tiger Connect. Kalo beli di web tiger, pasti bakal ditanyain mau pakai Tiger Connect apa gak. Sayangnya kita beli tiket di traveloka tercinta. Jadi ga ada tawaran itu. Kalau pakai Tiger Connect, kita ga perlu keluar imigrasi dulu.

Perut masih laper karena ga mempan cuma makan sandwich sebiji doang. Kita pun beli makan di Kaffe & Toast. Ada di Terminal 2 atau terminal yang sama dengan Tiger. Karena ga ada SGD di tangan, kita pun nuker duit dulu di Money Changer deket food court. Nukernya sih cuma gocap doang. Hahahah. Pas-pasan buat makan. Eh ada kembalian 1 SGD deng.

Harganya 4 SGD. Enak dan bikin kenyang.
Alhamdulillaaaah perut terisi juga. Abis itu kita nongkrong depan counter Check In. Oya tadi sebelum keluar imigrasi, kita udah sholat di Prayer Room. Jadi bathin udah tenang.

Di sekitaran counter check in ga ada yang bisa kita lakukan selain ngenet. Counternya baru buka lagi jam 4.00 pagi. Kita semacem terlunta-lunta 2 jam-an di sana. Daripada terluntalunta gitu aja, kita manfaatin buat ngenet walaupun mata udah 5 watt. Ngantuk banget.

Kalo temen-temen mau connect ke wifi Changi di area Check In, temen-temen harus ke bagian informasi untuk dapetin username dan passwordnya. Bilang aja mau akun wifi. Ntar dia minta liatin passport dan nyatet data kita. Kalo area dalem mah bisa connect bebas.

Tanpa sadar hari udah menunjukkan pukul 4 pagi. Counter check in pun udah buka dan udah banyak yang antri. Kita ikut antri di sana. Ga sengaja kita antri di belakang artis sinetron, Inne Azri dan suaminya, Malvino, sama si Ricky Cuaca. Setelah kepo, ternyata mereka juga balik dari Hong Kong. Trus sekarang ke Jakarta, juga flight yang sama ama kita.

Kelar check in, masuk imigrasi lagi. Lembar arrival card yang kita pegang, jangan sampai hilang. Soalnya harus dibalikin ke imigrasinya. Gue dulu sempet nyaris ilang, ternyata keselip di tas. Jadi ditanya-tanyain sama petugas imigrasinya. warning onion head

Kita boarding pukul 9.45. Sedangkan sekarang subuh pun belum. Masih jam 4.30. Kita pun duduk-duduk di kursi sambil ngecas HP. Tapi ga kuat juga lama-lama duduk, jadinya kita gegoleran gitu di lantai. Hahahaha banyak yang kayak gitu soalnya. Ga lupa nyetel alarm biar jam 6an bangun.

Pukul 6 an gue udah bangun tapi Mpok belom. Kayaknya dia lelah banget. Sampe alarm hpnya bunyi gue yang matiin. 6.30 gue bangunin dia. Ngajak sholat dan bersih-bersih. Kita pun jalan menuju Prayer Room. Bersih-bersih juga di toilet deket sana. Abis sholat kita ke Entertainment Lounge, kebetulan ada kursi kosong disana. Kita lanjutin tidur bentar.

1 jam sebelum boarding, kita pun menuju gate waiting room. Setelah gatenya buka kita pun ikutan antri, barang-barang di scan dan untungnya semuanya aman terkendali. Gue juga karna cuma pake kaos dan jeans doang, jadi ga dicek seluruh badan lagi. Pengalaman emang guru yang paling berharga. Aseeeeeeek~

Sementara nunggu boarding, kita kan duduk dulu nih di waiting room. Eh ada ibu-ibu tiba-tiba ngajak kita ngobrol. TENANG INI BUKAN MIKIR KITA TKW LAGI KOK

Ibu: Mba, itu artis sinetron bukan sih? *nunjuk Inne CS
Kita: Hehehe iya Bu.
Ibu: Ih kok artist naik tiger sih. Udah kere kali ya.

Hahahahah gue berdua ngakak. Ada-ada aja nih si Ibu. Mungkin dia lagi irit Bu. victory onion head

Finallyyyyy~~~~ dalam 2 jam ke depan kita akan mendarat di Soekarno Hatta International Airport tercinta. Bahagianya luar biasaaaaaaa. Bisa pulang pergi dengan selamat.waiting onion head

Gilaaaaaaaaaa ini beneran perjalanan terseru gue sepanjang sejarah.

Rencana Matang + Super Travelmate + Semangat 45 + Pantang Menyerah  = LUAR BIASA

Bolangnya beneran berasa bangeeeet. Gimana cara buat nemuin suatu tempat dimana orang-orang ga ada yang ngerti Bahasa Inggris, nyari makan super susah bikin celana gue kedodoran dan turun 2 kilo selama 5 hari disana. POKOKNYA SUPERRRRR DUPEEERRRR SERRRRRUUUUU BANGEEEEEEEET.

Emang ya kalau backpackeran gini HARUS sama temen yang super klop. Dan percayalah ga mudah buat nemuin orang itu.

Begitulah kisah gue berdua ngebolang ria di Hong Kong - Macau - Shenzhen.
Semoga tulisan ini bisa jadi inspirasi atau minimal referensi buat yang mau pergi tanpa tour ke sana. Dan buat Mpok, gue harap tulisan ini bisa bikin lo BERNOSTALGILA mengingat kejadian demi kejadian yang kita alami selama di sana. victory onion head

Happy Traveling~
Don't call it DREAM, call it PLAN.

Cheers,
 super onion head
Muthia The Explorer

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

2 comments:

1. Haii mba pd saat keluar imigrasi kan hrs isi white card.. lalu tempat tinggal selama di SG nya bagaimana jika kita hanya transit dan mau check in lg. Thank u..

ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba~
      tinggal isi "TRANSIT" aja mba.