MUTHIATHEEXPLORER

Part Time Traveler, Full Time Planner
Follow Me

Thank God, Visa Korea Approved~~~



By  Muthia Prima     March 16, 2016    Labels:,,, 

Kyaaaa~ visa korea approveeeeeed. Saking girangnya sampe mbak-mbak di kantor heran. Dikirain gue lulus apaan cheer1 onion head. Ya Allaaaah Alhamdulillaaaah bangeeet akhirnya semua perjuangan berakhir manis. Abisnya tau sendiri kan, konon kabarnya Visa Korea termasuk yang banyak menimbulkan polemik. *hahahaa bahasa gue kayak orang bener aja*

Anyway, bener-bener super terharu dan bersyukur banget akhirnya tiket yang udah dibeli gak jadi hangus. Akhirnya mimpi dari jaman SD, menginjakkan kaki di Negeri Gingseng juga bakalan segera terwujud. *Setelah sekian tahun terundur karena sesuatu dan lain hal*

crying2 onion head


Oke mari kita bahas apa aja dokumen yang diperlukan dalam mengurus visa Korea. Karena tujuan gue pergi memang untuk wisata, maka dokumen-dokumen yang dilampirkan me-refer ke Persyaratan Dokumen Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-2) Persyaratan Dokumen
Lemme explain one by one.

1. Passport asli yang masih berlaku minimal 6 bulan + Fotokopi cap-cap/visa negara yang pernah dikunjungi serta halaman identitas depan dan belakang.
Bagi teman-teman yang masa berlaku passport-nya udah mendekati ajal hehehe, sebaiknya diperpanjang terlebih dahulu.

2. Form Visa yang sudah disi dan ditempel foto berwarna dengan background putih ukuran 3.5 x 4.5
Form Visa bisa didownload dari website Kedubes Korea (DOWNLOAD HERE). Form terdiri dari 5 halaman. Diisi terlebih dahulu di rumah, jadi disana kita tinggal nyerahin semua berkas-berkas. Gue saking hebohnya mo ngurus visa, form ini udah didownload dan ditempel foto dari 7 bulan yang lalu. Yap, tepatnya dari hari dimana gue beli tiket PP. Hahahaha.
Oya, untuk fotonya yang berukuran aneh, tinggal bilang sama abang-abang tukang foto buat keperluan visa. Atau bisa juga  sih diganti dengan 4 x 6.

3. Fotokopi KK + Fotokopi Akte
Dua berkas yang menyatakan hubungan kekeluargaan.

4. Fotokopi KTP, NPWP, ID Card, dan Jamsostek
Ini sebenernya gak ada di list syarat pengajuan visa sih, tapi rata-rata pada lampirin KTP dan NPWP. Gue nambahin ngelampirin ID Card kantor dan kartu Jamsostek buat memperkuat alibi kalau gue memang ada kerjaan di tanah air tercinta ini. Jadi kesana emang cuma buat liburan, bukan buat jadi TKW. Hahahhaa

5. Rekening Koran 3 Bulan Terakhir + Surat Referensi Bank
Dua dokumen ini bisa langsung diminta ke Kantor Cabang Bank tempat kita menabung. Namun, kadang-kadang ada juga cabang yang minta kita buat ngurusnya di tempat kita buka rekening awal. Berhubung gue nasabah Mandiri, jadi ngurusnya ke kantor cabang Mandiri. Kebetulan tetanggaan ama kantor. Pagi-pagi bisa melipir bentar. Berkas ini bisa langsung diminta ke CS-nya. Jangan lupa bawa buku tabungan. Nanti CS akan mencetak rekening koran kita. Biayanya adalah 2.500 untuk satu lembar. Untuk surat referensi bank, kita bakalan dikasih form. Isi data diri dan keperluan sama alamat yang dituju. Karena untuk membuat visa korea maka alamat yang diisi adalah alamat Kedutaan Besar Korea yang di Gatsu.
Pas gue urus, karyawannya lagi sibuk, jadi surat baru bisa diambil keesokan harinya. Besoknya gue melipir ke Bank lagi buat ambil surat referensi. Biayanya 50.000. Di debit dari tabungan kita. Berdasarkan survey, kayaknya Mandiri yang paling murah. Kalo BNI atau BCA 150.000.

*NB: Saldo di tabungan yang penting bisa cukup menghidupi kita selama disana. Hitung kasarnya sih 1jt sehari + biaya emergency kalau terjadi sesuatu.
Jadi, kalau seminggu mungkin bisa sediain minimal 8jt.
Tapi, saldo banyak ataupun dikit juga gak  bisa terlalu dijadiin faktor penentu banget. Temen gue yang bakal pergi bareng, saldonya juga pas-pasan buat seminggu. Alhamdulillah approved. Kayaknya sih orang kedubes lebih mentingin ada kerjaan dan keterikatan disini dibandingin saldo deh.
Saldo tabungan sebaiknya dimaintain untuk 3 bulan terakhir. Jangan sampai ada uang masuk yang super gede di bulan-bulan ini yang bisa bikin konselornya curiga. 
Trus kalau mau bikin rekening koran, sebaiknya pakai rekening payroll. Jadi, pihak kedubes juga bisa liat tiap bulan kita ada penghasilan. Biar semakin memperkuat alibi kita.

6. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
Karena gue selalu tiap bulan nerima e-paycheck, jadi slip gaji tinggal print.


7. SPT PPh 21. Form 1721-A1 (Bukti Potong Pajak)
Ini adalah dokumen yang paling bikin guedag dig dug nungguinnya. Rencana apply visa tanggal 2 Maret tapi sampai tanggal 1 masih belom dikasih  sama HR kantor. Tiap hari udah semacem neror mbak-mbak HR. *maap ya mbak* Karena masih belum keluar, jadinya rencana urus visa diundur sampai SPT didistribusiin. Mengingat konon kabarnya SPT sekarang ini jadi semacam syarat wajib juga kalau kita sudah bekerja. Kalau gak dilampirin suka ditanyain sama konsulernya. Daripada ntar gak lengkap, makanya gue undur jadwal ngurus visanya.  Dan akhirnyaaaaaa jeng jeeeeng tanggal 3 Maret gue dapet email dari mbak HR ngabarin kalo SPT udah bisa diambil. Alhamdulillaaaaaah girangnya udah sebelas dua belas kayak visa approved. :"") Pas ngambil sampe gak tau berapa kali ngucapin makasih sama mbaknya. Besoknya, tanggal 4 langsung cus ke Gatsu.

Update: Per November 2016 SPT merupakan dokumen wajib untuk apply Visa Korea

8. Surat Keterangan Kerja + Form Cuti
Berhubung gue karyawan swasta, jadi surat keterangan kerja bisa langsung diminta ke HR. Surat keterangan kerja harus punya kop surat dan dalam bahasa inggris. Biasanya tinggal ngomong ke HR buat keperluan apply visa pasti mereka udah tau dan punya template-nya.
Kalau untuk form cuti gak wajib sih. Ya karna alesan gue tadi. Biar memperkuat alibi bro. Ke Jakarta ku kan kembali kok...hahahah

9. Tiket PP + Itin  + Bukti booking  hotel
Ini juga gak wajib. Tapi tetep gue masukin. Anaknya penuh persiapan dan planning banget soalnya. Kenapa dilampirin?
- Bukti kita emang bakal balik. Udah beli tiket PP kan soalnya.
- Kalau kita bener-bener udah punya rencana selama disana.
- Udah tau bakal nginep dimana. Jadi alamat kita selama liburan di Korea sesuai dengan yang kita tulis di form.
- Dari itin juga bisa dilihat kira-kira budget yang bakal habis berapa. Dan bisa kita sesuaikan dengan kondisi tabungan kita.


Setelah semuanya beres, tanggal 4 Maret gue sama temen langsung cus menuju Kedubes Korea. Kita nyampe sana jam 7-an saking semangatnya. Belom ada orang doooong. Kata bapak-bapak satpam disana, bukanya jam 8.30. Kita disuruh tunggu di ruang tunggu yang gak kayak ruang tunggu. Hahahaha. Ruang tunggunya itu ada di belakang deket mushola. Pas masuk gerbang langsung ke kanan. Kita duduk-duduk sambil nunguin jam. Jam 8 kita ke gate menuju visanya. Ternyata udah ada 3 orang yang antri. 2 travel agent, 1 nya pribadi. Yaaaah kita gak jadi antrian pertama. Tapi untungnya masih antrian 1 digit.

Jam 8.20 gatenya dibuka. Kita masuk dan menuju ruangan buat urus visa. Ambil nomer antrian. Dapet no. 2. Untungnya yang pribadi dan travel dibedain. Yaiya lah yaaa...mo nunggu sampe kapan...orang travelnya bawa berkas satu tas gitu.

Antrian nomer 1 pun dipanggil. Mas-masnya ditanya-tanyain gitu. Gue jadi makin takut dan deg-degan. Dan tibalah saat dimana nomer kita berdua yang dipanggil. Kita maju dan nyerahin berkas-berkasnya. Ajaibnya semua berkas diterima dan gak ditanya-tanya sama sekali. Masnya cuma bilang total biaya 1.120.000 (2 x 560.000). Trus ngasih bukti bayar sambil bilang tanggal 11 hasilnya keluar. Sebelum dateng, harus telpon dulu buat konfirmasi. Jam 9 kurang urusan per-visa-an pun kelar. Gue langsung cus kantor, temen gue juga. Karena kantor gue di sudirman, jadinya gue yang bakalan ngambil passport kita bedua. Bukti pembayaran harus dibawa buat ngambil passport.

Gue pun memasuki minggu-minggu menegangkan. Jiper banget seandainya visa rejected. Trus biar nenangin hati, gue banyak-banyak berdoa aja sama alihin pikiran ke yang lain. Sampe Rabu sih sukses. Pas Kamis alias tanggal 10, mulai agak-agak panik dan parno. Muncul pikiran-pikiran kalau visa rejected gue harus gimana. Tiket yang dibeli bisa hangus. Trus mulai melirik cara bikin visa Jepang. Soalnya visa Jepang kan bisa dipake buat ke Korea juga. Dengan rute masuk dari Jepang/Indonesia dan keluar pun ke Indonesia/Jepang.
Misal: Jakarta - Jepang - Korea - Jakarta
atau
Jakarta - Korea - Jepang - Jakarta

Kalau bikin visa Jepang otomatis harus nyiapin dokumen yang dibutuhin. Ternyata dokumennya 11 12. Malah harus lampirin tiket dan itin. Trus berarti harus beli tiket dulu. Tiket juga gak ada yang murah-murah banget. Trus kalo bikin itin otomatis harus pelajari medannya dulu. Gue orangnya gak bisa mendadak. Semuanya harus disiapin dari jauh-jauh hari.
Sumpah parno abis pas hari Kamis. Ujung-ujungnya positive thinking dan optimis aja kalau visa bakalan approved. Gue pun coba ngecek di portalnya.
Cek Aplikasi Visa

Kamis siang gue memberanikan diri ngecek. Super dag dig dug pas mau mencet button "Search". Dan lebih bikin shock lagi, data not found. Ternyata karena gue salah isi nama. Harusnya english name (Last name duluan), gue bikinnya nama normal. Pas diganti, baru hasilnya bisa dilihat. Gue scroll pelan-pelan eh ternyata statusnya masih application received.  Sorenya gue cek lagi, dan masih belum ada perubahan. Gue mencoba nenangin diri. lonely onion head



Jumat, 11 Maret 2016, hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. Pagi-pagi gue cek lagi di portalnya. Jeng jeeeeeng dag dig dug makin parah. Statusnya berubah jadi under review. Gue makin takut. Ini udah Jumat tapi masih under review. Tiap jam gue cek gak ada perubahan. Temen gue juga udah nanyain hasilnya. Abis lunch gue cek lagi. DAG DIG DUG DAG DIG DUG *pelan-pelan scroll down* daaaaaaaaaaaaan rasanya pengen tereeeeaaaaaaaaaaaaaak pas ngeliat tulisan APPROVED



Langsung nelpon ke kedubes dan katanya visa udah keluar bisa diambil jam 2-4 siang ini. Jam 2 gue izin pulang cepet dari kantor dan langsung pesen gojek trus capcus ke Kedubes Korea~~~~~

아아아아아아아아아 드디어 비자 잘 나왔다. Akhirnyaaaaaaaaaaaa semua perjuangan berakhir indah.

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

32 comments:

  1. Waah sama mba saya juga lagi masih nunggu visa korea keluar. Deg degan bgt pengumumannya besok. Semoga sukses juga kayak mbanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiiiiiiiin... semoga sukses ya mba...insya allah kalau semua lengkap pasti dimudahkan 😊😇

      Delete
  2. Hai kak, mau tanya. Status di website berubah jadi "Under Review" pas di hari-H perkiraan VISA keluar atau gimana ya? Aku juga lagi nungguin VISA keluar nih, perkiraannya tanggal 28 nanti, which is hari aku berangkat😂 (Maklum, baru apply Jumat tgl 18 kemarin hehe) Sampai sekarang status di website masih Application Received. Thank you sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo tasya~
      kebetulan pas aku, statusnya berubah jd under review bener2 di pagi2 hr H perkiraan. After lunch baru dia berubah jd approved.
      Waaaaaah mepeeeet paraaaah...🙈🙈😂 Semoga sukses ya. 😇 Biar bisa ketemu oppa...

      Delete
  3. Haiii kl status visa pasport returned apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Putri~
      Berarti passportnya udah dibalikin / diambil.

      Delete
    2. Hihihi siapp mgkn ada di travel agent nya ya, msh deg2an soalnya nih tinggal nunggu hari ke koreanya, mksh byk yaaaa infonya😍😍

      Delete
    3. Hihihi siapp mgkn ada di travel agent nya ya, msh deg2an soalnya nih tinggal nunggu hari ke koreanya, mksh byk yaaaa infonya😍😍

      Delete
    4. waaaah semoga sukses ya tripnya.
      sama-sama~~~tengkyu udah mampir 🙆🙆

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kak kemarin klo boleh tau plan Bnya gmn ya..? haha.. kebetulan ini lagi dag dig dug juga nunggu "berita baik" dari embassy.. aku baru masukin data tgl 7/9/17 kemarin.. sampai sekarang si masih "application received"..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... kemaren itu plan Bnya masuk korea pakai visa jepang. Tapi per 1 Mei 2016, udah ga bisa pakai jalur kayak gini.
      Oya kalau kamu punya salah satu dr visa di bawah ini:
      US, Canada, Aussie, NZ yg msh berlaku bisa masuk korea tanpa apply visa, dg syarat setelah/sebelum ke korea hrs ke salah satu negara tsb di atas.

      Semoga visanya sukses ya. Biar ga pusing mikirin plan B. Skrg emang prosesnya 6 hari kerja soalnya. jd palingan visa akan keluar tgl 15.
      😊😊😇

      Delete
    2. Iya aku baca2 juga dah gabisa masuk dr Jepang makanya iseng2 nanya.. gada pulak visa dari negara yg mba sebutkan diatas.. hiks.. iya paling 15 baru bisa liat updatenya lg.. aku si apply via travel agent si ini.. krna kebetulan agak lumayan jauh ke Gatsu..

      Delete
  6. Waduuh aku lg deg2an parah ni kak 😥 br apply tgl 13 kmren, kata org travelnya blg paling tgl 21 kelar trnyata tgl merah 😥 oya kemarin abis statusnya "under review" kk ga pake ditelp kedutaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek lagi siang besok semoga udah terpampang "approved". 😊.
      Pas under review aku biarin dl aja. Nah pas udah approved baru nelpon kedubes buat make sure klo emang paspor udah bs diambil.
      Good luck ya. 😇

      Delete
    2. oh iya anw aku ga ada ditelp kedutaan.

      Delete
    3. Aamiin aamiin semoga siang ini udah "approved" udh ky nunggu bayi lahir ka deg2annya 😂🔫

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Ka lagi ded deg ser nih nunggu visa keluar.. Tapi masih sama statusnya application received padahal sudah 9hari dari pengajian, gmana yah ini, mohon penerangan 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi...kalau dokumen lengkap ga perlu khawatir. Kemungkinan karna permintaan yang lagi banyak jd agak lama dari biasanya. Soalnya ini peak season juga untuk yang mau mengejar sakura di akhir-akhir maret. Anw semoga sukses ya visanya. 😊😇

      Delete
    2. Hai Cici kalo boleh tau kamu apply di tanggal berapa ? Krn aku juga baru apply tgl 8 tapi sampai skrg statusnya masih sama spt kamu ...

      Delete
  9. btw visa japan gabisa buat ke korea, meskipun masuk via japan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. .iya sorry info di page ini belum diupdate.
      Dulu pas nulis artikel ini, ketentuan tersebut masih berlaku. hehe
      Thanks udah ngingetin. Soon to be updated

      Cheers~
      Muthia

      Delete
  10. mbak klo statusnya passport returned apakah sudah positif di approved visa kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...status passport returned adalah status aplikasi visa paling akhir. Jadi aku ga bisa pastiin kalau pasti approve. Karena Approve/Reject eventually statusnya bakal jadi "Passport Returned". CMIIW

      Delete
  11. Aduhh aku jga nih kaa lg deg²an, aku jga lg nunggu masukin tgl 15 kmaren masih under review 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi~~wah lagi deg-degan banget pasti. Semoga sukses ya visanya. Aku denger emang sekarang lagi agak lama prosesnya. Mungkin karna peak timenya autumn

      Delete
    2. Hy ka.. gimana visa mu sudah approved kah? soalnya aku juga sama masih under review nih sampai sekarang :(

      Delete
  12. Amin deh ka, semoga aja ga ada masalah 😂

    ReplyDelete
  13. Di tanda terima tgl 29 keluar tapi sampai tgl 30 status nya masih under review dan belum ada telp dari kedutaan kak, boleh tau gak kalau mau telp itu no nya yang mana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. mungkin lagi rame jadi agak lama dari biasanya. Untuk telp waktu itu aku pakai nomor yang ada di tanda terima. 021 2967 2555
      Semoga approved dan Have a nice trip ya

      Delete
  14. Halo.. mungkin lagi rame jadi agak lama dari biasanya. Untuk telp waktu itu aku pakai nomor yang ada di tanda terima. 021 2967 2555
    Semoga approved dan Have a nice trip ya

    ReplyDelete