MUTHIATHEEXPLORER

Part Time Traveler, Full Time Planner
Follow Me

Day 3 - 21 Jan 17: Pattaya One Day Trip with Khun Surasak



By  Muthia Prima     February 03, 2017    Labels:,,,,,,, 

Hari ini kita akan menjelajah kota lain di Thailand. Salah satu kota yang juga banyak diminati oleh turis mancanegara. Selain karena terkenal dengan panoramanya, Pattaya juga banyak dikunjungi karna Alcazar Show nya. Bagi yang belum tau, Alcazar itu adalah nama Ladyboy Show. Tapi sayangnya kita ga tertarik nonton itu. Ga sanggup menerima kenyataan kalo banci Thailand lebih cantik dari kita yang emang wanita seutuhnya dari lahir.  hehe onion head 

Seperti hari-hari sebelumnya, kita bangun pagi, mandi dan sholat subuh. Pukul 7:00 semuanya udah siap untuk menghadapi petualangan hari ini. Nah, berhubung Pattaya terletak sekitar 150 km (2 jam 15 menit) dari Bangkok, kita pun menyewa mobil sepaket dengan jasa driver. Kita memakai jasa Khun Surasak (Khun = sapaan Bapak dalam bahasa Thailand).

Jasa Khun Surasak ini udah gue booking dari jauh-jauh hari. Maklum~ anaknya bisa ga tenang hidup kalo semuanya belum beres. Gue dapet rekomendasi ini dari salah satu grup backpacker di Facebook. Karena banyak review positif, akhirnya mencoba untuk memakai jasa Khun Surasak. Beliau bisa dihubungi melalui WA atau line.



Kita langsung dijemput ke hostel tepat pukul 7:00 sesuai janji. Harga sewa mobil all in untuk PP ke Pattaya ini = 3500 THB (12 jam). Jika nantinya lebih dari 12 jam, maka akan di charge per jamnya 100 THB. Biaya ini sudah include bensin, tol, parkir, dan semua-semuanya. Kita juga tidak perlu membelikan beliau tiket masuk tempat wisata karna beliau akan menunggu di parkiran. Bener-bener ga nyesel deh pokoknya kalau pakai jasa Bapak ini. Selain bisa mampir ke destinasi yang kita mau, dia juga mengajak kita ke destinasi-destinasi yang ga kalah kece lainnya. Oya mobilnya = Van dengan kapasitas maksimal 9 orang.

Selain itu, bagi yang muslim, beliau juga bersedia untuk mengantarkan kita ke Mesjid ataupun Prayer Room. Tinggal bilang aja ke dia kalau mau sholat. Begitu juga untuk makan siang. Pokoknya kita yang ngatur semua jadwal. Khun Surasak bener-bener memperlakukan kita kayak Ratu. Even pas turun atau naik mobil pun, beliau bakalan bukain pintu untuk kita. So sweet kan? Baik banget deh pokoknya. Yang terpenting Beliau sangat lancar berbahasa inggris dan super humoris. T-O-P B-G-T. SUPER RECOMMENDED wow1 onion head 

info onion head Bagi yang ramean ke Pattaya atau luar kota lainnya, disarankan untuk sewa mobil. Soalnya sepanjang yang gue liat, di Pattaya ataupun Hua Hin, ga ada angkutan umum. Jadi bakalan susah kalau mau ngeteng-ngeteng. Karna backpackeran juga ga harus nyiksa diri. Yang penting smart dalam mengambil keputusan. Sewa mobil ga selamanya lebih mahal daripada ngeteng. Kalkulasikan dengan baik!!!

Berhubung belum sarapan, kita pun beli KFC pertama yang kita temukan di sepanjang jalan menuju Pattaya. Pas banget, disampingnya ada McD. Sebagai pecinta McD, gue pun memutuskan untuk beli McD sementara yang lain antri di KFC. Ternyata sayang sekali, McD nya kurang aman untuk dikonsumsi. Terlalu banyak menu sapi pendek dibanding sapi normal. Dengan berat hati, gue pun keluar dan ikut temen-temen lain antri di KFC.


Minumannya bisa refill dan bebas mau pilih yang mana



Kita beli take away dan sarapan di mobil. Gue beli menu yang sama kayak semalem. Soalnya ini udah terbukti enak. Ga berani coba-coba takut kena jackpot bau kayak salah satu di antara kita. Dia beli menu yang berbeda dari yang semalem. Taunya menu kali ini bener-bener jackpot parah. Menu bau. Hoeeek. Jadilah akhirnya kita berbagi makanan. 

Tak lama sesudah makan, kita pun mampir di destinasi pertama. Destinasi ini merupakan destinasi tambahan dari Khun Surasak. Kebetulan sejalan dengan Pattaya. Jadilah kita diajak mampir buat sekedar memperbanyak koleksi foto.


SRIRACHA TIGER ZOO

 
How to get there?
OTW Pattaya, mampir dulu di sini.
Sekitar 1 jam dari Bangkok.

Disini bener-bener cuma mampir buat foto trus check in di path. xDD

With Khun Surasak

With Khun Surasak and His Wife


Sehabis pemotretan, kita pun kembali melanjutkan perjalanan ke Pattaya.


Nong Nooch Tropical Botanical Garden

 
How to get there?
Dianter Khun Surasak
Address: Na Chom Thian, Pattaya, Thailand
HTM: 500 THB (Regular paket. Ga pake nonton show-show.)

Karena lokasinya yang lumayan jauh, Nong Nooch Garden ini ditaro sebagai destinasi pertama kita di Pattaya. Tiket bisa dibeli On The Spot. 

Di Bangkok memang agak sepi namun tidak di Pattaya. Rame banget wisatawan yang berkunjung kesini. Untungnya untuk membeli tiket, kita tidak perlu antri. Khun Surasak menawarkan untuk antri di loket. Kita cukup menyerahkan duit, nanti beliau akan membelikan tiket di loket. Duh super baik ga ngerti lagi.


Pintu masuk Nong Nooch Area

Van Khun Surasak
Setelah mendapatkan tiket, kita pun lanjut ke dalam area Nong Nooch yang super luas. Dari pintu masuk loket ke dalam juga jauh. Bisa gempor kalo jalan kaki.

Sama dengan destinasi lainnya, pastinya kita berkunjung untuk mendapatkan foto yang instagram-able. Kita menghabiskan sekitar 2 jam-an di sini. Itupun belum semua terjelajahi. Selain panas yang menyengat, Nong Nooch ini bener-bener super luas. Kayaknya butuh waktu seharian untuk explore tempat ini. Kita hanya main disekitaran Butterfly Hill dan French Garden.















French Garden

Setelah puas jeprat jepret, kita pun ngaso sejenak. Beli air minum dan es kelapa muda. Gila tenggorokan jadi langsung seger bangeeeeet. Oya sebenernya kita udah lumayan laper, tapi apalah daya food courtnya juga memproduksi bau-bau super itu. Perut yang tadinya laper seolah-olah cuma nipu kita. Jadi ga laper sama sekali.

Sekitar pukul 11.30, kita pun lanjut ke tempat persinggahan berikutnya.
Namun, sebelum lanjut, kita diajak mampir dulu ke taman buah raksasa. Ini masih di kawasan Nong Nooch Village and Resort.


My Fave~ Banana.

Buah favorit rank 1.5 setelah Pisang, Sawo.

Upside Down Pattaya





How to get there?
Dianter Khun Surasak
Sebelum Laser Buddha kalau dari Nong Nooch

Kita cuma numpang foto di depannya. Kalau masuk HTM nya 300 THB.


Laser Buddha


How to get there?
Dianter Khun Surasak
HTM: Free

Jarak Laser Buddha dengan Nong Nooch lumayan jauh sekitar 30 menitan kalo naik mobil.

As always, kita dibiarin berkeliaran selama yang kita mau sama Khun Surasak. Sementara beliau dan istri menunggu di parkiran. Sesekali beliau juga suka nyuri-nyuri foto kita ala paparazi. Beliau motoin kita yang lagi asyik main dan ga sadar kalau difoto. Nanti foto akan dikirim lewat WA



 

SILVER LAKE

How to get there?
Dekat dengan Laser Buddha
HTM: Kalo sightseeing doang = Free

Kita ga terlalu serius menjelajahi tempat ini. Mungkin karna panas terik, haus dan lapar. Pengen makan di sini, ternyata makanannya ga halal. Duh susye beneeeer nyari makanan. Di saat-saat gini nih langsung merindukan tanah air Indonesia tercinta. Makan enak, ga bau, halal ada dimana-mana.




Darul Ibadah Mosque
How to get there?
Pattaya City, Bang Lamung District, Chon Buri 20150, Thailand



Selalu terharu ketika melihat Mesjid yang lumayan besar berdiri di negara yang mayoritas non muslim. Khun Surasak bener-bener berusaha menemukan Mesjid ini untuk kita. Sementara kita menunaikan sholat, beliau akan menunggu di parkiran.

Dari sini, jadwal kita seharusnya adalah Mini Siam. Fyi, Mini Siam itu adalah sebuah theme park yang di dalamnya ada landmark-landmark dunia. Taman Mininya dunia gitu deh. Namun, karna hari semakin sore dan kita juga harus balik ke Bangkok, kita memutuskan untuk ga mampir di Mini Siam. Mungkin emang disuruh keliling dunia beneran. relax1 onion head


Pattaya View Point


How to get there?
Dianterin Khun Surasak

Finallyyyyyy~~~ bisa juga ke view point ini. Udah sekian banyak ngubek blog orang, bener-bener ga nemu cara buat kesini. Bahkan sempet ninggalin komen di salah satu blog favorit, tapi ternyata doi juga kurang tau cara kesini karna dianterin temennya yang emang tinggal di Thailand. Untunglah semua beres bersama Khun Surasak. info onion head




Berhubung kita semua pengen liat pemandangan dari view pointnya (tempat papan tulisan "PATTAYA CITY"), kita pun dianter Khun Surasak ke atas. Tenaaaaang~~ ga pake tracking-trackingan kok. Cukup duduk manis dalem mobil. Ada jalan raya untuk bisa mencapai puncak tersebut. Dari parkiran mobil di puncak, kita turun tangga yang lumayan panjang. Semuanya demi foto yang bermartabat.

Ini dia hasilnya:



Yang paling depan ceritanya cuma berani bediri sampe batas itu doang. Atut deket-deket pager. Liat aja ekspresinya tuh xDDD

Yeaaaaaaaaaay~~~ semuanya unlocked. Saatnya kita balik ke Bangkok. Oya sebelum pulang, kita mampir di salah satu mall di Pattaya. Kita mampir ngapain lagi kalo bukan beli KFC tercintah. Mabok KFC mabok dah. Abisnya cuma itu yang bisa dimakan. lonely onion head 

Seperti biasa, kita take away dan makan di mobil. 

Ada kejadian super lucu pas kita mesen makanan. Kebetulan mba-mba KFC nya ga terlalu bisa bahasa inggris. Kita pun entah kenapa mendadak jadi rada-rada bego bahasa inggris. Efek makan junk food mulu kayaknya.

Pemesan pertama adalah gue. Lulus dengan Cumlaude. Berhasil mesen tanpa ada hambatan.
Selanjutnya, temen gue Si B yang paspor 24 halaman. Setelah melakukan pemesanan, si mba-mbanya ngomong bahasa Inggris ala Thailand. 

Mba KFC: Spaisi? Weri Spaisi? (Spicy or Very Spicy)
Si B paspor 24 halaman: *bengong*
Gue: Spicy or Very Spicy?? *tukang translet*
Si B paspor 24 halaman: *ngakak* oooo Very Spicy xDD
Mba KFC: blblabbalbalalbala eitipho
Si B paspor 24 halaman: *bengong*
Gue: Eighty Four~~~ *translet lagiii~*

Temen gue ini shock kenapa gue bisa paham. Hahaha. Jangankan dia, gue pun takjub dengan telinga ini. Padahal biasanya keseringan "hah? hah?" udah budeg gegara nyetel musik kayak sound system konser. Bahkan "Jepun"-nya Malaysia aja gue kira "Jempol".lol2 onion head 


Tenaaaaang~ masih ada lagi yang koplak. Temen gue Si E ditanya pertanyaan yang sama kayak tadi

Mba KFC: Spaisi? Weri Spaisi? (Spicy or Very Spicy) *sekarang kita udah ngerti maksudnya
Si E: Spicy ajah...
Kita: *otomatis ngakak... HAHAHAHHA. Spicy ajah. 

Jiaaaaaaah dia malah bahasa Indonesia sama orang Thailand. xDDD lol2 onion head 

Belum berakhir kedodolan hari ini guys. Sementara yang lain nungguin pesenan, gue dan Si B paspor 24 halaman keliling di sekitaran KFC nyari suplemen. Soalnya temen gue ini kehabisan suplemen. 

Si B paspor 24 halaman: Do you have a suplement? Hmmm...to improve your body? *HAHAHAHAHA padahal maksudnya yang sebenernya adalah buat meningkatkan daya tahan tubuh tapi yang keluar malah "Improve your body"
Penjual: *bingung dan ngasih obat pelangsing* lol2 onion head 

Ga ngerti lagi kenapa kita mendadak bego bahasa inggris gini. Ini kayaknya karma ngetawain Oppaya, Jo Jung Suk, Qingdao hyung, dan Kang Haneul yang bahasa inggrisnya bikin ngakak di Youth Over Flower (Variety Show Korea xDDD)
lol2 onion head 

Hahahaha mamam tuh karma. *ngomong ama diri sendiri juga*

Duh sumpah sepanjang jalan kayaknya sakit perut mengingat kejadian di KFC tadi. Untung aja ga ada orang Indonesia atau bule ganteng disana. Mau taro dimana muka ini. xDD

Tak terasa kita sudah sampai lagi di Bangkok. Kita ga langsung ke Hostel tapi minta turunin di MBK. Yuhuuuu shopping malem-malem. Masih jam 19:30.


MBK Centre
How to get there?
Naik BTS turun di National Stadium Exit 5.

Disini kita bener-bener shopping till drop. Hmmm...sampai MBK nya tutup sih lebih tepatnya. MBK tutup sekitar jam 10 malam. 

Info terkait MBK:
  • Top Market (supermarketnya Thailand) ada di Lantai 1. Sama kayak carrefour, tentunya disini dijual berbagai macam kebutuhan sehari-hari termasuk cemilan cepuluh.
  • Thai Fruit ada di Lantai 2, 3, dan 4. Ini adalah toko untuk beli snack-snack khas Thailand. Seperti: Milk Fruit Candy, Duren kering, Mangga kering, Nestea Thai Tea, dan lain lain.
  • Untuk beli souvenir seperti keychain, pajangan, gunting kuku, magnet kulkas, kaos, tas, pouch, topi dan sebagainya, terdapat di lantai 5.

Rata-rata harga souvenir:
  • Kaos = 99 THB 
  • Magnet kulkas = 100 THB for 3
  • Keychain / Gunting Kuku = 100 THB / set
  • Pajangan = tergantung ukuran. Paling murah 100 THB tapi bisa ditawar jadi 80 THB
Kebetulan kita nemu tempat yang jual souvenir lebih murah dari yang lain. Gue beli pajangan disana. Dari harga awalnya 250 THB bisa berakhir jadi 100 THB. Mendengar hal itu, Si B pun ingin ikut beli. Cuma Mba nya aga ga bersedia untuk menjual lagi dengan harga 100 THB. Kalo mau harganya 150 THB. Setelah dirayu-rayu akhirnya dia mengalah. Fiuuuuuh kita berhasil mendapatkan 2 buah pajangan. 
Masalah tak hanya berakhir disana. Karna murah, Si D tiba-tiba juga pengen beli. Dia melakukan segala macam cara untuk mengambil hati Mba Penjual. 
Penjual: Only 2 *maksudnya dia cuma jual 2 dengan harga segitu*
Si D: How about me. I want it too. Please~~~ I won't see you anymore *sambil memohon-mohon xDD**
Mungkin karna kasian (atau jangan-jangan kita yang kena tipu dia. Emang harganya segitu), yaudah akhirnya dikasih juga. 
Penjual: Okay. Next No! *maksudnya: udah ga bisa lagi untuk selanjutnya.
Si D: *langsung bahagia* Awwww Thank You~~ See you agaiiin *Hahaha padahal tadi katanya I won't see you anymore. Ga bener nih anak. lol2 onion head 
Puas berbelanja, kita pun menuju Ratchathewi. Soi 7. Mau makan di Resto Ibu-Ibu Malaysia tempat kita makan saat baru sampe di Bangkok. Udah ngidam-ngidam nasi seharian. Udah kebayang Tom Yum super enaknya juga. 

Kali ini kita misah. Gue berempat (sub-group yang sangat sensitif terhadap bau) naik BTS menuju Soi 7. Sedangkan 2 orang yang berhidung baja memutuskan jalan kaki kesana. Luar biasa nih Ibu-Ibu. Mau-maunya jalan kaki di saat tentengan belanjaan yang super banyak. Padahal ongkos juga ga seberapa. Selain hidung yang luar biasa, mereka ternyata punya kaki yang tak kalah luar biasa. innocent onion head 
Kita berempat pun berjalan menuju Stasiun BTS National Stadium. Kali ini kita beli single trip untuk tiketnya. Ongkos dari National Stadium ke Ratchathewi hanya 25 THB.



Counter BTS. Kalau mau beli ODP di counter ini

Ini dia mesin untuk beli single trip ticket.
Hanya menerima koin.


Kita membeli tiket di mesin yang telah disediakan. Caranya:
  • Untuk mengetahui fare kita berapa, lihat map yang ada di sekitar sana. Di map tersebut tertera ongkos yang harus kita bayar. 
  • Klik button Fare. Misal: 25.
  • Lalu, masukkan koin sejumlah 25 THB. Mesin hanya menerima koin 1, 5, dan 10. Kalo ga punya koin, bisa ditukarkan di loket khusus. Sayangnya loket penukaran koin ini ga buka 24 jam
  • Tiket akan keluar dari mesin
  • Kalau misalnya ada kembalian, kembaliannya juga bakal keluar.

Selfie Sub-Group hidung sensitif bersama Agnisa, bocah yang gangguin kita beli tiket single trip.

Single Trip Ticket

Tampak depan single trip ticket

Setelah menempuh perjalanan dari MBK ke Ratchathewi, ternyata Resto yang kita idam-idamkan udah tutup. Namuuuuuuuuuun~~~~ ada banyaaaaaaaak yang jualan di sepanjang Soi 7 itu. Alhamdulillah ga bau. Kita pun akhirnya memesan makanan di sana. Tak lupa minumnya Thai Tea. 

Thank God~~~~ makanannya super enak dan bikin nagiiiiiiih. Masih terbayang-bayang nih sampai sekarang. Untuk harga jangan khawatir. Berkisar antara 20 - 70 THB saja alias (8.000-30.000 Rupiah). Murah banget kan? 

Selesai makan, kita pun balik ke Hostel. Seperti biasa, yang mau mandi, mandi. Yang ga mau ya ga usah mandi. Hihihiihi. Semua jenis gadget pun tak lupa di-charge. Demi hidup yang lebih berwarna. Bisa mati gaya ntar kalo batre HP dan kamera abis padahal spot foto masih banyak.

Oh iya tau gak? dampak yang terjadi setelah belanja adalah barang bawaan jadi beranak-pinak. Tadinya cuma ada 5 ransel 1 koper, sekarang udah ga keitung lagi banyaknya. Kamar juga udah ga berbentuk lagi. Tapi ga usah cemas, kita punya cermin kecemasan berbentuk manusia yang akan merapikan segala sesuatu di kamar anda. Siapa lagi kalau bukan temen gue satu ini, Si C~~~~dan saya sendiri, Muthia The Explorer. Tinggal tidur aja maka semua akan rapi dan bersih kembali. info onion head Maklum, kita sebagai anak golongan darah A, ga bisa tidur nyenyak kalo semuanya belum rapi dan bersih. Jiwa pembokatnya keluar. 

Selamat tidur gengs~
Petualangan di hari esok sudah tak sabar menunggu kitaaaa~

Cheers,
victory onion head 
Muthia

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

8 comments:

  1. hi muthia,

    thanks for sharing ya, manfaat banget buat kami 3 cwi cwi yang mau explore pattaya... males naik angkot juga...

    salam trip penuh cinta :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Febenima,

      Maaci lho udah mampir.
      Sharing is caring 💕

      Have a fun trip ya 😊

      Delete
  2. Hai mbak, no WA nya gak begitu jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Ini ya no WA nya Khun Surasak: +66-81-818-7036

      Delete
  3. Ka, utk sewa k mr. surasak itu sistem pembayaranny gimana ya? Bisa booking dlu pas d indo ga?

    ReplyDelete