MUTHIATHEEXPLORER

Part Time Traveler, Full Time Planner
Follow Me

Lost in South Korea – 160421 - Day1 - Arrived at ICN - 인천국제공항 도착



By  Muthia Prima     May 14, 2016    Labels:,,,,,,,, 

Day 1 - 인천공항에서 서울로 (From Incheon to Seoul):

Yeay Alhamdulillah mendarat dengan selamat di salah satu bandara termegah dan terkece di dunia, Incheon Intl Airport (인천국제공항) pada pukul 8:30 KST. Mendaratnya semacam saltum. Beberapa menit sebelum mendarat, pilotnya ngasih tau kalau suhu di Incheon adalah 12 derajat celcius. Udah pakai jaket lumayan tebel sih tapi tetep gak mempan. Ini semua gara-gara ngeliat postingan path temen yang kuliah di Korea. Di postingannya, baju yang dipakai udah kayak baju sehari-hari kalau tinggal di Jakarta. Trus dia juga bilang kalau udaranya juga udah hangat dan gak terlalu dingin. Gue lupa kalau dia udah 8 bulanan di sono jadi otomatis kekebalan tubuhnya juga udah beda sama kita. Hahahaha. Yaudah dengan begonya gue gak jadi bawa jaket super tebel padahal udah dipinjemin sama temen. xDD Memang ya, penyesalan itu slalu dateng belakangan. Hahaha yaiyalah.

Oke mari kembali ke jalan yang benar. As always, ritual setelah mendarat pasti nyariin toilet untuk memenuhi panggilan alam dan sekalian touch up-touch up dikit biar muka gak kayak muka bantal amat. Dan pas banget temen gue yang beda pesawat udah nyampe juga. Kita ketemu di toilet. Gak elit banget yak. Oya mengenai temen yang beda pesawat, kita super gak sengaja ternyata berangkat di hari yang sama dan mendaratnya juga di waktu yang sama. Dia awalnya ber-5 trus gue nitip 1 temen disana karena satu penerbangan sama dia. Temen yang gue titipin ini abisnya pengen ikut tapi beli tiketnya belakangan. Jadilah dia beli AA karena GA udah kembali ke harga normal. Lucunya adalah gue juga kebagian dititipin temen sama temen gue yang di AA. Jadilah kita change temen xDD Pas di Incheon baru deh ngumpul semua (2 team). Sebagai tanda udah nyampe Koriya dengan selamat, kita pun gak lupa buat foto-foto dulu. Biar lebih afdhol. Gue pun ngeluarin Yicam yang gue taro di backpack (fyi, monopodnya alhamdulillah lolos kok di Soetta. Gue langsung pasangin Yicam di monopodnya).






Karena perjalanan masih panjang dan airportnya pun juga panjang dan luas, jadi biar cepet kelar dari airport kita pun segera melanjutkan perjalanan, yaitu proses imigrasi. Gila bro, imigrasi ICN antriannya panjang banget. Udah kayak ular. Gue dan temen-temen pun antri disana. Sekitar sejaman akhirnya gue jadi antrian pertama. Selama sejam itu, ada beberapa orang yang gak lolos imigrasi tapi dibawa ke security room. Gue jadi parno. Mulai bermunculan pikiran-pikiran aneh. Jangan-jangan gue gak lolos imigrasi juga. Ditambah lagi orang sebelum gue prosesnya sumpah lama banget. Nyaris stengah jaman kayaknya. Akhirnya giliran gue pun tiba. Alhamdulillah prosesnya sebentar. Scan sidik jari, scan passport, dan mata disuruh menatap kamera yang ada disana. Abis itu, dikasih deh cap. Kalau udah dicap berarti kita udah sah menginjakkan kaki di Koriya. Yeay Horeeeeeeeeeee~~~
드디어 꿈은 이뤄진다 (Finally, Dream comes True)

Cap di Visa - Udah sah ke Korea


Setelah selesai proses imigrasi, kita kumpul lagi. Bagi yang ada bagasi, ngambil bagasi dulu. Karena gue gak masukin koper ke bagasi jadi gue cuma nungguin aja. Kebetulan dapet wifi, jadi gue pun nelpon nyokap (via whatsapp) ngabarin kalau anaknya ini udah sampai dengan selamat. Abis itu, karna semua udah pada kelar ngurusin bagasinya, kita pun berjalan menuju pintu keluar.




Berhubung teman-teman gue pada mau beli simcard, jadinya mereka sibuk nanya sana-sini nyari simcard yang murah dan bagus. Kalau gue sih dari awal memang gak berniat beli simcard. Namanya juga backpackeran alias menggembel ria, ya ngandelin wifi senemunya aja. Kita juga gak bakalan ngenet tiap detik ini. cute2 onion head

Selama temen-temen berburu simcard, gue pun juga sibuk berfoto-foto ria di pintu arrival bersama Yicam tercinta. Maklum, biasanya cuma liat di drama cyiiiin. admire2 onion head


Puas berfoto-foto, gue pun kembali ke kerumunan temen-temen gue. Mereka masih aja galau simcard. Daripada simcard mungkin kalau mau rental, gue lebih tertarik untuk rental wifi egg. Semacam boltnya kita. dan gue pun iseng nanya di counter SK egg wifi. SK itu provider paling ketje dan sinyal kuat dimana-mana sampai ke pelosok negri. Kayak telkomsel gitu deh. Disamping cuma iseng nanya, gue juga sekalian latihan memperlancar bahasa korea. hehehe. Oya kebetulan gue juga sempet (sengaja) ngeprint voucher diskon egg wifi ini (Link ada di postingan sebelumnya), soalnya karena mau ke Busan dan Jeju juga. In case gak nemu wifi disana trus gak bisa menghubungi Ssaem gue yang tinggal di Jeju. Yap, gue ke Jeju mau mampir ke rumah beliau.

Berdasarkan hasil tanya-tanya iseng ke orang counternya, untuk peminjaman wifi, perlu deposit sebesar 200.000 krw (sekitar 2jt rupiah). Deposit hanya sebagai jaminan dan akan dikembalikan kalau kita udah balikin wifi routernya. Tapi, kalau punya Credit Card, kita gak harus deposit tersebut. Kalau paket datanya unlimited. Karena gue punya kupon diskon, jadi biaya peminjamannya 3.000 krw/hari.

Setelah puas nanya-nanya yang ujung-ujungnya gak dibeli juga, dan hari juga udah semakin siang, perjalanan ke Seoul juga masih panjang, kita pun mutusin buat capcus dari airport. Langsung menuju AREX station. Namun, sebelum itu, harus beli T-money dulu. Kita beli T-money di CU airport. CU merupakan salah satu convenient store di Korea. Harga T-money yang kita beli = 4,000 krw.

T-Money Line Version


Agar bisa digunakan, T-money harus di top-up dulu. Gue pun top up sebesar 30.000 krw. Budget yang gue rancang buat T-money (selama seminggu di Korea) 45.000 krw sih. Sengaja gak top up semua, kali aja 30.000 cukup buat seminggu. cute1 onion head


T-money beres. Kita pun berjalan menuju AREX station. Stationnya ada di lantai B1 Incheon airport. Jadi, kalau teman-teman mau naik AREX dari Incheon airport, cukup naik lift dan pencet B1. Kemudian, tinggal ikuti petunjuk arah.




Fotonya blur. Itu tulisannya All-stop Train


Fyi, AREX ini terbagi 2. Ada yang express dan ada yang all-stop-train. Gue dan teman-teman naik AREX yang all-stop ini. Untuk naik ini, kita gak perlu beli tiket lagi. Tinggal tap T-money yang udah diisi tadi. Berhubung gue nginepnya di daerah Hongdae, jadi gak perlu transit ke subway biasa. Soalnya Hongdae juga dilewati oleh airport railroad ini. Gue sangat menyarankan buat temen-temen yang mau ke Korea, kalau pilih penginapan sebaiknya di daerah Hongdae, bisa langsung turun dan pastinya menghindari transit yang memakan waktu karena stasiun disana lumayan gede. Apalagi bawaan banyak dan geret-geret koper.

Tips: Hindari juga transit di Seoul St. (서울역). Sumpah itu stasiun super gede banget. Seoul station itu memang tempat transit masal. Segala macem kereta juga lewat disana, termasuk KTX. Dijamin bakalan rempong kalau sampai transit disini.

Perjalanan dari Incheon airport ke Hongdae (Hongik St) ditempuh selama 45 menit. Sesampainya di Hongdae, gue dan temen-temen pun turun. Kebetulan, temen gue yang beda tim nginepnya di daerah Dongdaemun, jadinya mereka masih harus melanjutkan perjalanan. Transit di Hongdae buat ganti ke line subway biasa.

Horeeeeee~~~ Hongdaeeeee


Berhubung gue nginep di daerah Hongdae, jadi tinggal keluar dari stasiun ini menuju hostel yang udah dibooking jauh-jauh hari via booking.com.
Nama hostel tempat gue stay selama di Seoul: Patio 59 Hongdae 2nd Branch. Sebelum berangkat, gue emailin staffnya, minta petunjuk jalan dari Hongdae St karena yang gue tau cara menuju kesana cuma exit 3 doang. Email gue dibales dan ini petunjuk yang dia kasih:

Ikuti tanda panah.



















Ini dia bangunannya Patio 59

Pintu masuk Patio 59 Hongdae

Di jalan menuju hostel, gue mampir dulu di GS25 beli banana uyu:

Pas buka pintu, bakal otomatis muncul musik lucu


Uyu dimana-manaaaa~



The famous Banana Uyu (Banana Milk)


Oya ini foto kamarnya:






Udah full-furnished. Super lengkap. Semuanya udah disediain. Ada hairdryer, kulkas mini, dapur, mesin cuci, tv, fast wifi, arex dan subway access. Microwave dan dispensernya sharing. Ada di lantai 2. Komplit dah pokoknya. Kalau gue berkesempatan kesini lagi, pokoknya mau nginep disini lagi. Oppa-oppa staffnya juga friendly. Dia bisa bahasa inggris dikit-dikit. Karena gue ceritanya kesana sekalian memperlancar bahasa korea, jadinya selama disana komunikasi gue dan orang-orang sana dalam bahasa korea, termasuk sama oppa-oppa staff hostel tempat gue nginep.

Oya berhubung hostel ini adalah sejenis mini apartment studio, jadinya gak ada meja resepsionis. Pas nyampe, kita bakal ditungguin sama si oppanya di depan pintu masuk. (Oppanya ketje fyi) Jangan lupa untuk ngasih tau dia tanggal dan jam kedatangan kita. Hostelnya ini tipikal apartment di koriya gitu. Semuanya berbasis password, termasuk pintu masuk dan pintu kamarnya. Gue dapet kamar di lantai 4. Sayang sekali disini gak ada lift, jadi harus angkat-angkat koper. Mungkin si oppanya kesian ngeliat gue kali ya, jadinya dibantuin ngangkatin koper...fufufufu.. Dia juga bilang kalau ada apa-apa,bisa bell kamarnya (201) atau tinggalin memo. Setelah sampai di kamar gue, dia ngasih tau password kamar dan password pintu masuk, trus ngecek semua kelengkapan. Kebetulan, lampunya agak bermasalah dia pun sempet ganti lampu dulu. Sembari ganti lampu, kita ngobrol-ngobrol bentar. Sekalian gue juga modus dikit nanyain nama si oppanya. Alesannya tadi namanya gak kedengeran. Hahaha padahal kayaknya tadi dia juga gak ngenalin nama. xDDD Dan ternyata namanya Kyung In <3 Setelah semuanya beres, gue pun bayar biaya hostel sesuai bookingan, sebesar 225,000 krw berdua untuk seminggu (masing-masing @112,500 krw). Terakhir, sebelum pergi, dia ngajarin cara ganti password kamar.


-to be continued-
happy onion head



About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

9 comments:

  1. ane ga sabar gan tungguin part selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha secepatnya di post gan :* :'')
      기대해도 좋아 let's go~

      Delete
  2. hi Muthia, salam kenal!
    your trip looks super fun! bikin pengen ke Korea :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sally~ salam kenal juga. ^_^
      Yap...super fun dan penuh drama juga...Hahaha
      You should go. Korea ketje banget bikin pingin balik lagi

      Delete
  3. Klo mau ke Korea ikut dong Tp bawa anak Hehe dont worry anak Sy jiwa backpackeran semua kok hehee

    ReplyDelete
  4. Kalau nginepcdidaerah myeong dong kira2 gmn ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo~

      Myeongdong juga strategis, rame ampe malam dan asyik sih sebenernya. Cuma kalo dari dan ke airport harus transit dulu karna Myeongdong ga punya AREX line.
      Saya sih pilih Hongdae selaen ramenya 24 jam, ada AREX line jg. Jadi ga usah khawatir kalo penerbangan pagi. 😊

      Delete