MUTHIATHEEXPLORER

Follow Me

UK Journey 4: Edinburgh - Scotland, I'm in Love

By  Muthia Prima     July 14, 2019    Labels:,,,,,

Finally another country unlocked.

YEAAAAAAY SCOTLAND, SAMBUTLAH AKU

Setelah melewati perjalanan darat 8 jam dari London, kita sampai di Buchanan Bus Station, Glasgow. Wooow Alhamdulillah so far ga ada yang melenceng dari planning yang udah disusun. Proud of meself.

Apa gue ganti profesi aja ya jadi Travel Organizer? Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Anyway~ sekarang kita sudah di Scotland guys. Tujuan pertama kita tentunya Ho(s)tel buat drop barang-barang. Gue udah sempet email ke Hostelnya kalau kita bisa nitip tas dan koper walaupun jadwal check in masih lama.

Kali ini kita menginap di EURO HOSTEL GLASGOW (to be reviewed soon). Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Buchanan Bus Station. Sebenernya cukup 10 menit berjalan kaki dari Buchanan Bus Station, namun karena kita bawa barang-barang jadinya 15-20 menit geret-geret koper. Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

But it's okay lah. Pemandangan yang disuguhkan super sekali.

Selain itu, Hostel ini juga dekat dengan St Enoch Subway Station. Jadi gampang banget buat keliling-keliling kota.

Sesampainya di Hostel, kita langsung menitipkan barang bawaan. Tapi ternyata tidak seindah yang gue bayangin. Untuk penitipan barang, kita harus bayar 1 GBP/item. Gue pikir gratis Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Nah, karena barang udah didrop, saatnya berpetualang. Kali ini kita mau ke Edinburgh

RITE, EDINBRAAAAAH

Trus kenapa nginap di Glasgow?

Ya tentunya karena lebih murah nginap di Glasgow. Kita juga mau explore glasgow juga anyway. Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire
Bayangin aja sama-sama EURO HOSTEL, tapi harga di Glagow dan Edinburgh jauh berbeda. Di Edinburgh sekitar 40 GBP/Night untuk Twin Private Room, sedangkan di Glasgow cuma 30 GBP/Night. Hahaha cuma? cuma aja semahal ini yes Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Okay, let's go adventurous soul!!! Kita ga boleh ketinggalan bus pukul 9.20. Udah beli tiket PP soalnya. Tapiiiii sebelum itu mari mampir dulu di Coop Convinient Store buat sarapan.

EDINBURGH From GLASGOW

How to Get There:
  • Take Bus 900 in Platform 49. Ticket can be purchased in advance via Megabus Website
  • Get off at last stop, Edinburgh Bus Station

Uwuwuwuwu sampai di Edinbraaaaaaaaaaaaah. So stunning I can't. Gila ini berasa di negeri dongeng. Cantik banget kotanya. Seriously. This is the most beautiful city that I've ever been to. Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Selama di Edinburgh, gue saranin kalian jalan kaki aja buat muter-muterin kotanya. Kotanya super cantik dan pedestrian friendly. Selain itu, kota Edinburgh juga surrounded by tourist attractions. Jadi, tiap langkah bisa dikunjungi dan instagramable.

Tujuan pertama kita adalah Hogwarts, eh maksudnya Edinburgh Castle.Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

EDINBURGH CASTLE

• Just walking. Follow the crowd

Berhubung Castlenya berada di ketinggian, jadi jalan kesana lumayan menanjak. Jangan lupa isi energi terlebih dahulu.

Yeaaaaay sampai jugaaaaaaa

THE ELEPHANT HOUSE

• Just walking towards Royal Mile

The Elephant House ini adalah coffee shop dimana J.K Rowling menghabiskan waktunya untuk menulis buku Harry Potter, terutama buku ke-3, Harry Potter and Prisoner of Azkaban.

Trivia: Nama daerah di sekitar sini adalah Potterrow lho. Sepertinya J.K Rowling seterinspirasi itu dengan Edinburgh.

Bagi kamu Potterhead, jika berkunjung ke Edinburgh, jangan lupa sempetin nongkrong di Cafe ini. Atau mungkin sekedar foto-foto di depan Cafenya juga boleh kok.

EDINBURGH CENTRAL MOSQUE

• About 1-2 km away from The Elephant House

Berikut perjalanan menuju Mesjid.

Gue jamin ga bakalan berasa capeknya. The city is super awesome, stunning, seperti negeri dongeng.
Jalan kaki puluhan ribu langkah ga berasa. Well~ berasanya malem pas mau tidur sih. Ya tinggal olesin Counterpain ini Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Ekspresi ketika ketemu Mesjid. Masya Allaaaaah di daerah yang minoritas Muslim ini tetap ada Mesjid yang berdiri megah. Seriously di perjalanan kali ini, gue bener-bener terharu dan bangga sebagai Muslim. Bener-bener di luar dugaan. Gue pikir bakalan susah untuk menunaikan sholat, tapi kenyataannya gampang banget. Mesjid gede berdiri megah di tiap kota yang gue kunjungi. Makanan halal pun ga susah untuk dicari. Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Oya mesjid Edinburgh ini juga super bersih sih sih sih. Di toiletnya ada bidet. Ku bahagia Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Hahahaah abaikan. Mari lanjut!!!

ROYAL MILE

How to Get There:
  • Go back towards Elephant House. Royal Mile is located 5 minuted walking from there

Setelah isi tenaga alias makan siang, kita balik lagi ke arah The Elephant House. Kali ini tujuannya yaitu Royal Mile.

Tumbler baru ga mau kalah.

Di Royal Mile ini banyak banget street performance. Mulai dari busking bernyanyi sambil main gitar, unjuk keahlian seperti yang sering kita liat di Fear Factor, atau bahkan sekedar jadi patung. Pas liat pemandangan ini, langsung bisa relate sama pengalaman Andrea Hirata di buku Edensornya kalau Eropa Barat suka dengan street performance.

PRINCESS STREET - OLD TOWN

Puas melihat keindahan di daerah atas, kita pun kembali turun ke bawah. Yup, semua yang kita lalui tadi berada di bagian atas searah Castle.
Princess street ini merupakan shopping street dimana banyaaaak sekali toko souvenir ataupun oleh-oleh yang bisa kita jumpai. Untuk beli magnet kulkas dan pajangan bisa dibeli di Princess Street ini.

CALTON HILL

Beli souvenir udah, jalan-jalan ngiterin Princess Street juga udah puas, tapi hari masih aja belum gelap. As you know, mulai dari Spring hingga berakhirnya Summer, siang di negara sub tropis memang lebih panjang dibandingkan malam. Jadi walaupun jam sudah menunjukkan pukul 5 sore, auranya masih kayak jam 2 siang. Trus cuacanya cerah tapi dingin.

Nah sebenernya tuh itinerary kita udah abis sampai di sini. Maklum anak tropis nyusun itin ya memang dipas-in buat waktu siang yang normal. Karena kehabisan tujuan, kita pun muteeeeer aja ga jelas mengelilingi kota yang cantik ini. Sampai ga sengaja berjalan ke arah Calton Hill.

Gue tau kalau Calton Hill memang merupakan landmark Edinburgh. Edinburgh banget. Tapi ga tau kalau ternyata terletak di pusat kota ini. Kirain tuh lokasinya jauh dari perkotaan dan kesananya juga butuh transport lagi. Wooooow we're blessed. Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Kita pun terus berjalan mendekati Calton Hill. Sesuai namanya kebayang dong kalau jalanan menuju Hill ini menanjak. Tapi ga masalah karena ada tangga.

and proudly present the iconic landmark of Calton Hill, Edinburgh~~~

Dari atas sini kita bisa melihat kota Edinburgh yang sejauh mata memandang super indah ga ngerti lagi.

Semakin sore, Calton Hill semakin rame pengunjung. Sepertinya mereka mau menikmati Sunset dari Calton Hill. Tadinya kita juga mau sekalian menunggu Sunset, namun mengurungkan niat mengingat sunset pukul 20.30 dan Bus kita balik ke Glasgow 21:00.

Pokoknya someday harus balik lagi.

SEE YOU AGAIN EDINBRAAAAAAAH

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFire

Petualangan belum berakhir ya guys. Tunggu lanjutannya

To be continued...

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima