MUTHIATHEEXPLORER

Part Time Traveler, Full Time Planner
Follow Me

Day 0 - 18 Jan 17: Menginap di KLIA2 Airport



By  Muthia Prima     January 29, 2017    Labels:,,,,, 

Kemalaman sampe di KL? Ga usah khawatir. Temen-temen bisa nginep di KLIA2 kayak kita ber-5. 

Awalnya ga berniat buat nginep di airport. Kita sih pingin terbang flight pagi tanggal 19 biar pas nyampe langsung bisa jalan-jalan dan masih seger. Namun, takdir berkata lain. Entah kenapa harga tiket jam yang kita mau malah mahal. Padahal di hari sebelum atau sesudahnya (jam yang sama) harga tiketnya masih murah. Yaudah deh, dengan (sangat) terpaksa kita beli tiket buat penerbangan tanggal 18 Jan pukul 20:25 WIB. Dengan diubahnya jam penerbangan, tentu saja kita jadi harus ngubah plan. Setelah dipikir-pikir, ga ada ruginya juga terbang malem, soalnya pagi-pagi buta udah bisa menjelajah di Kuala Lumpur. Bayangin kalo pesawat pagi. At least, pukul 9 atau 10 baru bisa jalan-jalannya kan. Segala sesuatu emang ada hikmahnya. *sok bijak*ahaaah onion head  

Kita menginjakkan kaki di KLIA2 sekitar pukul 00:30 MST. Ini kedua kalinya gue mendarat di KLIA2 tapi baru kali ini mencoba untuk keluar imigrasi. Sebelumnya cuma transit doang. 

Pas nyampe, kita bakal disambut dengan papan "Balai Ketibaan" alias Arrival Hall. 






 
Ah~ papannya boong nih. Kita udah jalan sepanjang itu kok gak tiba tiba (sampe sampe) sih. Hahahaha. Selama di KL kita emang ga sanggup nahan tawa liat segala macam tulisannya. Ditambah lagi kita ber-5 juara banget kalo udah soal hina-menghina. Tiap ada tulisan yang kocak diketawain.cute2 onion head Peace~

Akhirnyaaaaa setelah capek berjalan mengikuti segala papan petunjuk arah itu, kita akhirnya sampai juga di bagian Imigresen. Thank God, antrian imigrasinya sepi. Gue langsung maju ke salah satu counter. Ada kejadian kocak juga di sini.

Gue (G): *nyodorin passport*
Petugas Imigrasi (PI): *minta gue scan sidik jari telunjuk*
Blablablabla Jepeun? (gue ga terlalu nangkep dia ngomong apa tapi ujungnya Jepeun dan ga jelas pula)
G: *ganti jari jadi jempol* (hahahha gue pikir dia nyuruh Jempol)
PI: No!! No!! *Ngangkat telunjuknya nyuruh gue tetep scan telunjuk*
(dan dia mulai lagi ngomong) Jepeun? (Lagi-lagi kedengaran samar-samar. Mungkin gue-nya yang udah budeg. Keseringan nyetel musik kenceng-kenceng)
G: Hah? Hmmm Holiday with friends (makin ga nyambung)
PI: *Ngecap paspor dan balikin ke gue*

Setelah lolos, gue buka paspor dan baru sadar yang dia maksud apaan. omaigaaaat JEPAAAANG~~~~~ Gegara liat ada visa waiver di passport gue. Hoooooo~~~ dia mikir kalo gue transit di KL karna mo liburan ke Jepang. innocent onion head 

Sambil nungguin yang lain, gue senyum-senyum sendiri mengingat percakapan super tak nyambung bersama abang-abang imigresen itu.Untung di sekitaran sana sepi. Kalo rame kayaknya gue bisa dikira orang gila.

Tak lama kemudian, satu per satu dari kita pun lolos imigrasi. Temen gue yang berpaspor "TKW" pun lolos. Hahahaha

info onion head Bagi yang lagi bokek dan pengen bikin/perpanjang passport, mungkin yang 24 halaman bisa menjadi pilihan alternatif. Terbukti bahwa paspor tersebut bisa dipake buat liburan tanpa ada kecurigaan dan introgasi panjang lebar, apalagi deportasi.

Kita pun melanjutkan perjalanan. Berdasarkan info yang gue dapet, kita bisa bobok cantik di lantai 3 dan lantai 2M depan Burger King. Karna pada awalnya ga nemu BK, jadilah kita nginep di mushola lantai 3. Untuk ke mushola ini, kita harus ke Departure Hall (Balai Perlepasan) dulu

Balai Perlepasan
How to get there? 
Setelah keluar dari pintu exit, akan terlihat papan "Balai Ketibaan Dalam Negeri". Belok kanan ke arah "Luggage Storage". Kemudian, naik eskalator 1 lantai (Balai Perlepasan) yang ada di depan "Luggage Storage".

Hope below picture help you guys a lot.



Escalator depan luggage storage

Nah, sekarang kita sudah berada di Lantai 2 (Balai Perlepasan). Bagi yang ingin mandi dan sholat, di lantai ini juga tersedia shower room lho~

Shower Room dan Mushola KLIA2
How to get there?
Setelah naik eskalator, jalan menuju arah pintu masuk Balai perlepasan. Lalu belok kiri dan jalan sampai ketemu KK Market. Nah, shower room tersebut ada di toilet sebelah KK Market. Mushola juga ada di sana.
 





Showernya lumayan banyak euy.

Oya Fyi, arena ga menemukan dimana spot yang bagus buat bobok cantik, kita pun akhirnya tidur di mushola lantai 3.

Kenapa ga di mushola lt 2? 
Soalnya udah penuh lautan manusia.

Emangnya di mushola boleh tidur? 
Sebenernya ga boleh sih, cuma petugasnya udah ga bisa ngelarang kali ya, jadinya pasrah. Boleh numpang tidur asal jangan jadiin sajadah Mushola buat alas tidur. Solusinya adalah bawa sleeping bag atau at least bawa sajadah sendiri. Soalnya kita sempet dimarahin gegara pake sajadah sono. *ih pelit banget sih*
Oya jangan lupa juga pake kaos kaki dan jaket pas tidur di sana. Gila dingin banget bro. Bikin menggigil Gue palingan bisa tidur 1 jam trus kebangun padahal pake kaos kaki dan jaket.

Pas bangun, kebetulan haus banget. Kita semua lupa ngisi air di keran. Di luar imigrasi udah ga ada yang namanya keran air minum. Terpaksalah beli di mini market. 

Berhubung 2 orang di antara kami masih tidur dengan nyenyak, kita ber-3 (yang ga bisa tidur) pun berinisiatif nyari aer sekalian menjelajah airport. Kebetulan juga mau nyari ATM soalnya temen gue yang ga bawa MYR, mo narik dari ATM CIMB. 

Setelah survey harga aer, Family Mart lah yang harganya paling murah. 1.5 MYR untuk aer se-aqua normal. Karna kita temen yang baik, kita juga sekalian beliin buat 2 temen kita yang lagi asyik di alam bawah sadarnya. pretty onion head 

Air minum udah di tangan. Selanjutnya nyari ATM CIMB. Ternyata gampang banget nyari CIMB di sini. Yaiyalah ya sarangnya gitu loh. 

ATM CIMB
How to get there?
Dari arah pintu masuk Perlepasan Antarbangsa, jalan menuju information desk, lalu belok kiri. Di sekitaran ATM CIMB, juga ada money changer CIMB dan money changer lainnya. 

Saran: 
  • Kalau mau nuker duit di KLIA2, mending di Money Changer CIMB. Ratenya murah. Sama kayak kita narik dari ATM-nya.
  • Kalau temen-temen punya debit CIMB, cukup bawa cash MYR alakadar aja (in case ada sidak di custom imigrasi). Sisanya bisa ditarik dari ATM CIMB. Soalnya ratenya murah dibanding pas nuker di Jakarta. Kemaren itu di Jakarta 1 MYR = 3100 IDR, tapi pas temen gue narik dari ATM ratenya 3080. Ditambah lagi ga dikenakan biaya adm.

Setelah temu kangen ama ATM CIMB, kita ga langsung balik ke kamar (red: Mushola. xDD). Kerjaan kita adalah lanjut explore KLIA2.



Di samping kiri, ada ATM deposit. Menerima pecahan 20,50 dan 100. Namun sayangnya ga bisa buat rekening Indonesia. Jadi kita ga bisa masukin duit sisa.








Gong Xi Gong Xi~


Sampai akhirnya, ketemu juga BK yang di maksud di blog-blog suhu traveler. 

BURGER KING KLIA2
How to get there?
KLIA2 airport punya mall yang dipisahkan oleh tulisan "KLIA2" (kayak foto gue di atas). Jalan menuju mall trus turun satu lantai lewat travelator. BK tepat berada di depan traveator tersebut (Level 2M).





Ternyata resto-resto dan fast food adanya di mall ini. Kalau mau tidur di sofa BK, katanya sih temen-temen cukup pesen makanannya. Jadi bisa berlama-lama di sana.

Puas berkelana di dalam airport. Kita pun kembali ke peraduan alias Mushola Lt.3. Karna subuh masih lama, kita pun lanjut tidur. Makin subuh suhunya makin kayak kulkas. Brrrrrrrr. Sekitar pukul 4.00 gue pun bangun. Memutuskan untuk mandi bersama salah satu dari temen gue (yang tidur paling pules xDD). Eits, maksudnya bukan mandi bareng lho. Mandinya tetep sendiri-sendiri. pointing onion head 

Tadinya karna dingin banget, gue agak-agak galau anatara mandi atau nggak. Tapi sih ujung-ujungnya memutuskan buat mandi aja. Daripada ntar ada yang pingsan di antara kita.

Untungnya, masih sepi banget. Jadi mandinya tenang dan damai. Setelah mandi, badan pun kembali seger. Ajaibnya jadi ga ngantuk sama sekali. Satu per satu dari kita pun kelar mandi dan dandan. Kita pun cus dari airport menuju KL Sentral setelah menunaikan sholat Subuh.

Oya barang-barang semalem sebelum tidur sudah kita titipkan di Luggage Storage lt.1. Kita menyewa 1 locker besar dengan harga total 51 RM (buat ber-5). Masih muat karna kita cuma nitip masing-masing 1 ransel dan jaket. Mungkin kalo pada bawa koper, ga bakalan muat 1 locker buat bareng-bareng. 

Kunci loker jangan sampai hilang!!

Harga loker di KLIA2 Luggage Storage:

Cr: kila2.info

cr: klia2.info


Tips n Trik:
  1. Jangan lupa isi botol minum SEBELUM keluar imigrasi
  2. Kalau mau nitip bagasi mending di KL Sentral. 1 Locker 5 RM saja sekali buka. 1/3 dari harga di airport. 
  3. Saat menitipkan barang, jangan sampe nitipin barang berharga, misal: duit, passport, ID, dan lain sebagainya.
  4. Jangan lupa untuk selalu sedia tissue basah. Walaupun selama di KL, alhamdulillah ga menemukan toilet kering sih
  5. Last but not least, disarankan untuk check in online jauh-jauh hari (maks 14 days before departure). Karna walaupun 1 kode booking, duduknya bisa terpisah. Tergantung sisa seat yang ada.

Cheers,

victory onion head
Muthia

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

No comments:

Post a comment