MUTHIATHEEXPLORER

Follow Me

UK Journey 8: York - Kota Viking di Timur Laut Inggris

By  Muthia Prima     August 22, 2020    Labels:,,,,,

Kereta berangkat pukul 21.52 dari Sheffield menuju York. Perjalanan memakan waktu 1 jam. Lumayan jadi bisa tiduran sebentar di kereta. Capek banget euy tapi excitednya bukan main. Sekitar pukul 23.00 kita sampai di York Railway Station. Kalau liat dari google maps, jarak stasiun ke hostel kita cuma 15 menit jalan kaki. Oraiiiiiit saatnya geret-geret koper lagi.

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFireBtw ga bosen-bosen ngingetin untuk beli tiket apapun dari jauh-jauh hari. Fyi, tiket kereta yang gue naikin dari Sheffield ke York cuma 6 GBP lho. Belinya di National Rail atau Trainline

Di York ini kita nginap di Astor York. Alasan stay di sini karena merupakan salah satu hostel yang affordable dan reviewnya bagus di booking(dot)com.

Astor York

How to Get There:
  • As soon as take exit door at York station, cross the street and take the right
  • Walk along the street until you see traffic light
  • Cross the street and just walk and walk until you find Astor York in your right

Seperti biasa karna geret koper jadinya memakan waktu sedikit lebih lama dibanding estimasi google. Kira-kira sekitar pukul 23.30 kita sampai di Astor York dan disambut sama resepsionis yang ramah. Kebetulan di sini ga ada lift dan kamar kita ada di lantai 4, staffnya pun dengan senang hati untuk bantuin angkat barang-barang yang kita bawa. Pokoknya the best lah stay di sini. Sarapan pun disediain seharga 1 GBP. Itupun duit yang terkumpul akan digunakan untuk charity. Recommended banget deh!!!

Oya karena pas jalan ke hostel ada Sainsbury, jadi kita udah beli makanan yang tinggal diangetin di hostel. Nasi Biryani FTW

****

Hari pun berganti. Alhamdulillah kita tidur super nyenyak dan nyaman di sini. Saatnya bersiap untuk menjalani petualangan hari ini di York, kota Viking Inggris.

Tujuan pertama adalah York Minster.

YORK MINSTER

How to Get There:
  • Walk towards York Railway Station
  • Keep walking until you find York Minster

Tadinya di York ini kita mau beli one day pass. Namun setelah melihat kotanya yang pedestrian friendly, kita pun memutuskan untuk jalan kaki aja.

Pemandangan di York ini indah banget, berasa sedang syuting Downton Abbey. Aura kotanya ini sangat klasik membuat kita merasa berada di awal abad 20. Selain itu, di York ternyata pepohonannya masih bersemi. Masih banyak cherry blossom yang kita temui.

Akhirnya kaki membawa kita ke York Minster. Padahal masih pagi tapi sudah banyak wisatawan yang berkunjung. Dan tentunya didominasi Chinese Tourist. Hahaha dimana-mana selalu aja ketemu sama segerombolan turis cina yang suka ga mau ngalah untuk gantian berdiri di spot foto.

Anyway, kita aja lah ya yang mengalah daripada kesel sendiri.

Sehabis dari York Minster, kita pun melanjutkan perjalanan. Literally keliling bahkan untuk mencari makan yang aman. Sejauh kaki melangkah, dibanding kota-kota lain, agak susah menemukan makanan yang halal. Bahkan Subway yang sudah bersertifikat halal di London dan kota lainnya, di York malah belum halal.

Namun walaupun begitu, surprisingly Mesjid masih berdiri megah.

Disclaimer: Foto dari google soalnya waktu itu karena kehujanan jadi ga kepikiran buat buka hp.

CLIFFORD TOWER

Sama kayak di Sheffield, lagi-lagi kita disambut sama hujan Inggris. Hujannya entah kenapa unik dan ga kayak hujan di Indonesia yang gede-gede. Jadi, ga heran kalau orang-orang di seantero UK jarang banget gue lihat pakai payung. Karena hoodie aja cukup.

THE SHAMBLES

Berhubung Leli into museum dan sejarah, meanwhile gue lebih suka wandering ga jelas, sehabis dari Clifford, kita mutusin untuk jalan masing-masing dan ketemu lagi di hostel. Biar masing-masing keinginan terpenuhi. Saat Leli menuju museum viking gitu, gue pun lanjut ke The Shambles surganya Potterhead a.k.a Harry Potter Fans.

Kalap gaes. Duh rasanya ingin borong semua. Keinginan banyak tapi duit terbatas

Brace your self!!!

Unlimited Free Image and File Hosting at MediaFirePotterheads wajib banget ke The Shambles. Semacam Diagon Alley versi nyata. "If yeh know where to go" semuanya bisa dibeli.

Gue bener-bener menghabiskan waktu di The Shambles. Mengunjungi setiap toko yang menjual segala sesuatu yang behubungan dengan Harry Potter. Rasanya tuh ga bisa digambarin.

Setelah kayaknya semua toko terkunjungi, gue pun lanjut keliling dan keliling lagi sampaii pegel. Sampai ga terasa udah sore banget. Tapi berhubung siangnya agak panjang, jadi jam 5 sore masih berasa jam 2. Belum ada tanda-tanda akan gelap.

Beberapa foto yang gue ambil saat muter-muter unfaedah di York. Sekalian balik ke arah Hostel

Di perjalanan menuju Hostel, ga lupa beli perbekalan untuk cemilan sore dan makan malam. Tengah malam ini kita akan kembali ke London naik (k)night bus. Gila ga tuh itin gue? Entah kekuatan dari mana bisa-bisanya ga lelah sama sekali kalau sedang traveling begini.

Bus yang akan kita tumpangi malam ini akan bertolak dari York pukul 00.45. Jadi sembari menunggu malam, kita numpang sementara di hostel. Sekitar pukul 21.00 barulah kita jalan ke Stasiun dengan koper tercinta.

Gila kebayang ga suhu saat itu 3 derajat. Karena secara geografis letak York sangat jauh di atas London, jadi cuaca pun jauh lebih dingiiiiiiin. Tangan udah ga berasa tangan. Padahal udah pake sarung tangan. Literally menggigil gaes. Udah makan yang anget tetep ga mempan.

Ditambah lagi ternyata halte bus yang kita tunggu = outdoor. Letaknya di depan stasiun. OMIGOOOOOOSH. Gue pikir kayak Bus Station di London, Glasgow, atau Edinburgh.

Udah gitu nyaris aja salah arah halte. Untung berani nanya ke orang sekitar sana yang untungnya juga mau naik bus yang sama ke London. Dan dia bilang kalau halte busnya yang diseberang jalan. Fiuuuuuh. Berjasa banget Ibu itu. Kalau ga, mungkin kita udah ditinggal bus.

Pukul 00.30 bus pun tiba. Kita pun langsung naik dan mencari posisi tempat duduk yang kosong. Bus ini datang dari kota lain. Mostly tempat duduk udah berisi tapi karna kita udah punya tiket, jadi pasti akan kebagian seat. Duh terharu di dalam bus anget.

Tepat pukul 00.45 bus pun cus ke London. Perjalanan akan ditempuh selama 5 jam 30 menit. Baiklah saatnya tiduuuuur. Bye gaes~

Wake me up kalau udah sampai di London ya.

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima