MUTHIATHEEXPLORER

Follow Me

Lost in South Korea – 160420 – Direct flight CGK –ICN by GA

By  Muthia Prima     May 07, 2016    Labels:,,,,,,,,

Hari yang ditunggu-tunggu pun tiba. 20 April 2016. Akhirnya~ setelah berabad-abad menunggu kesempatan untuk mewujudkan impian menginjakkan kaki di negeri gingseng akan segera terwujud dalam beberapa jam ke depan. Kali ini bener-bener super excited parah. Selaen destinasinya merupakan negara impian, terbang kali ini juga bersama 5-star airlines kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia. Dari dulu memang pingin banget buat terbang jauh bersama GA. Biasanya naik GA cuma buat pulang kampung yang notabene perjalanannya cuma 1 jam 40 menit. :”) Karena memang berniat ke Korea tahun ini, tiket pun udah dibeli dari tahun lalu pas GA Travel Fair bulan September 2015. Gue dapet tiket PP 5 juta ke Korea. Kapan lagi bisa naik GA yang harga normalnya ke Korea 16 juta. Full service, dapet bagasi masing-masing 30 kg PP, dan yang paling penting direct flight. Jadi, gak perlu transit-transit dulu dan lebih hemat waktu.
Okay, mari kita mulai kisah persiapan dan perjalanan gue mewujudkan impian. Fyi, jauh sebelum beli tiket, saking pingin kesana, gue udah mempersiapkan dan meng-arrange itinerary se-efektif mungkin. Berbekal dari hasil googling sana-sini dan mampir ke berbagai macam travel blog. Temen-temen sering komen sih “Gila lu mut, tiket aja belom ada, udah kayak mo pergi besok aja”. Gue memang anaknya super planning. Sesuatu yang gue kerjain harus direncanain dengan matang jauh-jauh hari. Bahkan itin yang udah dibuat bisa sampe hapal detail bagaimana cara kesana, turun dimana, htm nya berapa. Padahal menginjakkan kaki disana pun belum. xDD
Bagi teman-teman yang butuh itin buat ngebolang di Korea selama seminggu, bisa download disini (Real Itin).

Itin, Tiket, Visa, dan Booking hostel udah ditangan. Seminggu sebelum berangkat, gue juga udah packing. Lagi-lagi dengan embel-embel “saking excitednya”. Gue cuma bawa 1 ransel dan 1 koper cabin. Selain itu, gue juga gak lupa buat mengeprint berbagai macam kupon diskon tempat wisata di korea. Diskon buat turis internasional sangat banyak sekali. Kupon bisa dicek disini vkc.or.kr . Kuponnya tinggal di print sesuai kebutuhan.
Setelah semua beres dan hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, gue pun makin bahagia. Gak nyangka bisa sampai ke hari ini. Namun, karena flight jam 11.15 malam, jadi gue paginya masih tetep ngantor. Kebetulan cuma menghadiri training doang sih. Jam 5 teng gue pun balik ke kosan karena semua perlengkapan masih di kosan. Kosan gue bisa ditempuh dengan jalan kaki 15 menit dari kantor. Rencana awalnya, mandi bentar dan 17.30 gue naik gojek ke gambir. Dari gambir naik damri ke soetta. Ceritanya biar hemat dan feel bolangnya lebih dapet. Tapi saying sekali, sore itu hujan deres banget. Plan A gue pun gagal. Jadinya nyari grabcar. Karna lagi peak time, grabcar ke Gambir argonya 55 ribu ㅠㅠㅠ. Gue iseng ngecek kalo ke Soetta argonya berapa. Dan jeng jeeeeeeng 330 ribu doooong. Biasanya naik taksi / uber dari sini cuma cepek padahal. Yaudah, terpaksa tetep pesen grabcar ke Gambir. 10 menit 20 menit gak ada yang accept orderan gue. Mendadak stress. Udah jam 6 sore tapi masih belum jalan. Tiba-tiba adzan maghrib, gue pun sholat dulu. Jama’ sekalian dengan Isya. Biar berangkatnya tenang karena udah sholat.

Abis sholat, gue ngecek grabcar lagi. Dan harganya makin naik jadi 70rb ke Gambir dan kalau langsung ke Soetta 450rb. Karena gak ada pilihan lain, yaudah gue pesen grabcar ke Gambir . Alhamdulillah ada yang accept. Perjuangan gak berakhir sampai disana. Karena kosan gue di karbela, jadi ke Gambir lewat Rasuna Said. Saat itu hujan masih deres dan gilaaaaaaa ternyata macet parah di rasuna. Gue makin stress ngebayangin ketinggalan pesawat dan gak jadi pergi padahal udah D-Day. Seriously, tanpa sadar gue nangis. Air mata udah mengaliiir aja. Mobilnya udah kayak parker di jalanan. Paling cuma jalan dikit kayak siput. Jam menunjukkan pukul 18.30 dan gue masih di deket kosan. Alhamdulillaaaah Allah masih sayang sama gue. Ternyata macetnya cuma sampe lampu merah menteng. Abis itu lancar. Gue pun sampai di gambir jam 18.50. Langsung lari-lari sambil geret koper dan diliatin orang-orang ke pool damrinya. Gue beli tiket damri dan Alhamdulillaaaaah (lagi dan lagi harus banyak bersyukur) damrinya berangkat jam 19.00. Pas banget. Naik damri dan duduk bentar abis itu damrinya jalan. Perjalanan ke Soetta ditempuh selama 40 menit. Jalanannya rame lancar. Pukul 19.40 gue udah nyampe dengan selamat di Soetta. Alhamdulillah. Makasih Ya Allah.
Bener-bener terharu akhirnya sampai di Soetta. Tinggal check in dan boarding abis itu nyampe deh di Incheon. :”) Kebetulan, karena bareng temen jadinya nungguin dia dulu. Karna jam 21.00 dia masih di jalan, jadinya gue check in dulu, hmmm sekalian check in-in dia. Udah check in dan dapet boarding pass, gue duduk dulu sekitaran counter check in. Karena udah 21.30, gue pun rencananya nunggu temen gue itu di waiting room aja. Mengingat proses imigrasi yang masih panjang. Eh pas lagi geret koper ke arah imigrasi, temen gue dateng. Dia pun check in bagasi dulu abis itu kita sama-sama antri imigrasi. Antrian imigrasinya panjaaaang banget. Untungnya prosesnya lumayan cepet dan jam 22.15 kita udah duduk cantik di boarding gate. Alhamdulillah. Lagi dan lagi gue tanpa sadar nangis terharu akhirnya tinggal boarding dan bakal mendarat di Incheon dalam 7 jam ke depan.

On Board:

Full Service. You will never be starving here. Superb 5-star Airlines.
Sekitar 30 menit after take off. Dikasih snack ini buat mengganjal perut sebelum bobok cantik mimpi indah. Snacknya berupa roti isi anget-anget. Hmm semacam burger versi panjang.

Menu breakfast. 1 Jam sebelum landing. Ada 2 menu western sama Indonesian. Karna laper jadi langsung milih yang ada nasinya. Oya, aqua dikasih dari awal boarding. Minuman juga bisa milih dari susu sampai wine. Maklum karna masih merasa dalam masa pertumbuhan, pilihan selalu jatuh pada susu hahahaha.

Form yang harus diisi dan diserahkan saat proses imigrasi di Incheon.
Health Questionnaire + Traveler Declaration + Arrival Card. Jangan lupa slalu siap sedia pulpen!!

Budget 160420:

About Muthia Prima

Muthia's here. Conquering the world is one of my greatest dream. That's why I decided to create this (travel) blog to share my fantastic experiences. I would be happy if my post useful for all of you who share the same dream with me; explore and travel around the world :D Anw, Thanks for coming here. ^_^ "Don't call it a dream. Call it a plan!" -Cheers- IG: @cimuuuuut FB: Muthia Prima

2 comments:

1. hai mau nanya , cara print kupon dari vkc itu gimana ya? yg di print smua gambar kupon yang sampai 2 lembar itu tiap kuponnya ? tolong info nya ya boleh di balas di email aku di bonitaagatha@gmail.com
    thanks before ya kakaaaaa

ReplyDelete
    Replies
    1. haiii~ tinggal klik tombol "print" pas buka page kupon yg ingin diprint. 😊 nnti bakal ada pop up windowsnya